Senin, 26 November 2012

materi manajemen pemasaran


MANAJEMEN PEMASARAN
A.    Konsep inti pemasaran
 




Kebutuhan adalah adanya rasa kekurangan dalam diri manusia yang harus dipenuhi
Keinginan adalah hasrat untuk memenuhi kebutuhan
Permintaan adalah apabila hasrat/keinginan dipenuhi oleh alat pemuas kebutuhan
Produk adalah hasil proses produksi(komoditi) yang terdiri atas 2 macam yaitu barang & jasa
Barang=> berwujud, tidak dapat diraba
Jasa=> tidak berwujud tetap secara mamfaat adapat dirasakan apaila terjadi kekuatan tarik menarik antara produsen & konsumen sehingga terjadi kesepakatan harga(proses terjadinya pasar)

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan & pelaksanaan dari penetapan harga, promosi, & distribusi dari barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok pasaran yang memenuhi tujuan pelanggan & organisasi.

Komponen atau elemen dari manajemen pemasaran adalah:
*      Pemberian harga
*      Promosi
*      Distribusi

Tujuan dalam penetapan harga adalah:
*      Untuk mendapatkan wilayah pemasaran
*      Untuk memperoleh laba maksimum
*      Untuk mempromosikan produk

HARGA ECERAN TERTINGGI
Harga eceran tertinggi adalah harga yang muncul dari harga yang ditetapkan pemerintah, harga ini muncul dibawah pengawasan pemerintah.
Pengawasan pemerintah muncul karena adanya kegagalan pasar untuk mencapai tingkat hasil penerimaan penjualan maksimum
Faktor-faktor yang menentukan penetapan harga adalah:
*      Kondisi perekonomian
*      Permintaan & penawaran
*      Elastisitas permintaan
*      Persaingan
*      Pengawasan pemerintah
*      Daya beli masyarakat
*      Harga barang yang sejenis
*      Jangka waktu perputaran modal, dll

Promosi adalah proses memperkenalkan & menaikkan omset penjualan produk.

Peranan saluran distribusi
ü  Membantu memndahkan barang dan memindahkan hak milik
ü  Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi
ü  Membantu dalam kegiatan promosi
Bentuk-bentuk distribusi
ü  Distribusi langsung
ü  Distribusi semi langsung
ü  Distribusi secara tidak langsung
Wawasan perusahaan terhadap pasar
ü  Konsep berwawasan produksi
Konsumen akan mencari produk yang mudah didapat & murah harganya
ü  Konsep berwawasan produk
Konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik, & hal-hal inovatif lain
ü  Konsep berwawasan menjual
Jika konsumen dibiarkan saja maka konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah yang cukup.
Biasanya produk yang dihasilkan adalah produk yang jarang dicari sehingga harus dipromosikan.
Ex: asuransi
Menggunakan system “direct sharing”
ü  Konsep berwawasan pemasaran
Bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan, keinginan pasar, serta memberikan kepuasan kepada pelanggan.
*      Kepuasan pelanggan
*      Cintai pelanggan
*      Memberikan nilai & mutu pada pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar